Kritik Tajam Amien Rais Terhadap Kinerja KPK

Kecerdasan dan kejelian sosok Amien Rais sudah tidak diragukan lagi dalam menyikapi kinerja Pemerintah atau bahkan kinerja non-pemerintah yang independen sekalipun semacam KPK misalnya. Mantan ketua umum PAN Amien Rais menganggap KPK bukan lagi lembaga yang independen dalam masalah penegakkan hukum. Amien berpendapat lembaga ini penuh denngan kepentingan politik dalam mengambil setiap keputusan. “Jelas tebang pilih. Kasus-kasus besar tak ditangani, kasus kecil diproses habis-habisan,” kata Amien Rais.

Amien mencontohkan, kasus Century yang saat ini ditangani KPK, malah blunder. Kemudian, kasus Gayus belum terang, dan kasus travellers cheque dalam pemilihan Deputi Gubernur Senior BI juga belum jelas. “Yang ditangkapi dan diproses malah kasus pejabat di level kabupaten,” ungkapnya. Mantan Ketum PAN ini mengatakan, umur KPK tinggal 9 bulan. Jika dalam rentang waktu itu KPK tak bisa membedah dan menyelesaikan kasus besar, maka keberadaan lembaga itu patut dikaji ulang, perlu diteruskan apa distop.

“Orang boleh bilang KPK malaikat, tapi saya yakin lembaga itu penuh mafioso,” tegas Amien sambil beranjak meninggalkan kursi wawancara. Sebelumnya, dalam ceramah, Amien juga menyoroti kinerja penegak hukum. Menurut dia, kejaksaan, kepolisian, dan KPK, tidak saling melengkapi, tapi malah bersaing seolah ingin menjadi pahlawan.

sumber: koranbaru.com

Tentang etan'e pasar

..layang-layang bisa terbang karena melawan angin, bukan terbawa angin..
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Hangat Markohot dan tag . Tandai permalink.